Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Kuliah XII Penelitian Evaluatif | Bambang Wahyu Nugroho

Kuliah XII Penelitian Evaluatif

Kuliah XII

Penelitian Evaluatif

Penelitian evaluatif merupakan suatu desain dan prosedur evaluasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematik untuk menentukan nilai atau manfaat (worth) dari suatu praktik. Nilai atau manfaat dari suatu praktik didasarkan dari hasil pengumpulan data dengan menggunakan standar atau kriteria tertentu yang digunakan secara absolut maupun relatif.
Banyak persamaan antara penelitian evaluatif dan evaluasi itu sendiri. Keduanya bisa mengkaji fokus atau permasalahan yang sama, menggunakan desain dengan metode dan teknik pengukuran atau pengumpulan data yang sama. Keduanya juga dapat menggunakan sampel dengan lokasi atau lingkup wilayah yang sama, menggunakan teknik analisis data dan interpretasi hasil yang sama.
Perbedaan mendasar antara keduanya adalah dalam tujuan dan penggunaan. Penilitian evaluatif dirancang untuk menjawab pertanyaan, menguji atau membuktikan hipotesis, sedang evaluasi ditujukan untuk mengambil keputusan. Penelitian evaluatif bersifat hypothesis driven sedang evaluasi bersifat decision driven. Perbedaan mendasar yang lain adalah penggunaannya, hasil penelitian evaluatif disimpan sampai ada lembaga atau orang yang akan mengunakannya, sedang hasil evaluasi segera digunakan untuk mengambil keutusan terhadap program yang dievaluasi.
Meskipun terdapat perbedaan, namun keduanya berhubungan erat. Penelitian evaluatif dilaksanakan dengan maksud hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki praktik. Di pihak lain evaluasi yang baik dilaksanakan dengan berpegang pada prinsip dan prsedur penelitian evaluatif.
Sumber: www.surgamakalah.com
Kepustakaan:
Krathwohl, David R. Method of Educational and Social Science. Research. 1993 Longman; New York.

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMY

© 2016 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY