Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Tugas 9 | Bambang Wahyu Nugroho

Tugas 9

Tugas 9

  1. Gambarkan bagaimana survai dapat digunakan untuk tujuan eksploratif, deskriptif, dan eksplanatif.
  2. Bedakan pertanyaan dengan pernyataan secara definisi berikut contohnya.
  3. Tunjukkan kondisi di bawah mana pertanyaan terbuka (open-ended) dan pertanyaan tertutup (closed-ended) dipergunakan.
  4. Kemukakan dan gambarkan beberapa aturan dalam mengajukan pertanyaaan yang efektif.
  5. Jelaskan mengapa daya tarik sosial (social desirability) menjadi masalah dalam mengajukan pertanyaan.
  6. Kemukakan tiga petunjuk dalam menata kuesioner yang baik.
  7. Paparkan peran pertanyaan darurat dan kemukakan tiga asas penggunaannya.
  8. Paparkan peran pertanyaan matriks dan kemukakan asas-asas penggunaannya.
  9. Jelaskan mengapa urutan di dalam mana pertanyaan diajukan bersifat penting dan paparkan bagaimana asas ini diterapkan secara berbeda dalam kuesioner dan wawancara.
  10. Kemukakan tiga asas dalam menyediakan instruksi bagi responden survai.
  11. Kemukakan tiga methode pendistribusian kuesioner yang dikelola sendiri (self-administered questionnaire).
  12. Kemukakan tiga asas penggunaan kuesioner yang dibagi via surat?
  13. Kemukakan tiga asas sehubungan dengan tindak lanjut survai dengan surat-menyurat.
  14. Tunjukkan empat keuntungan wawancara dibandingkan kuesioner.
  15. Nyatakan kembali lima aturan umum bagi wawancara yang berhasil.
  16. Perbincangkan peran spesifikasi dalam melatih pewawancara.
  17. Kemukakan kauntungan dan masalah dalam survai via telepon.
  18. Tunjukkan bagaimana wawancara via telepon dengan-bantuan-komputer  (computer-assisted telephone) dapat mengatasi beberapa kelemahan survai via telepon.
  19. Paparkan beberapa variasi penggunaan komputer dalam mengelola kuesioner yang dikelola-sendiri (self-administered questionnaires).
  20. Paparkan keuntungan online polling dan tawarkan beberapa anjuran untuk keberhasilan online polling.
  21. Bedakan antara self-administered questionnaires, face-to-face interviews, dan telephone interviews, dan paparkan kapan masing-masing teknik itu tepat digunakan.
  22. Berikan dua contoh analisis data sekunder dan/atau data arsip, dan ringkaskan keuntungan dan kerugian pendekatan ini.

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMY

© 2016 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY