Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning SOAL-SOAL UTS 2014 | Bambang Wahyu Nugroho

SOAL-SOAL UTS 2014

Perhatian:

  • Soal-soal yang akan betul-betul digunakan dalam UKTS Selasa 22 April 2014 pkl. 14.30 s.d 16.01 (91 menit) adalah 50 poin soal pilihan berganda (multiple choice) dan buku tertutup (closed books).
  • Semua soal saya unggah di sini supaya mahasiswa dapat belajar secara lebih fokus. Namun demikian, pilihan-pilihan jawabannya tidak saya sertakan supaya mahasiswa tidak hanya menghafal huruf-huruf jawabannya saja. 
  • Urutan nomor soal yang diunggah di sini BERBEDA dengan urut-urutan nomor soal di dalam uji kompetensi senyatanya. Tapi, memang itulah soal-soal yang akan ditemui dalam UKTS tersebut. Janji Pramuka, deh!

Soal-soal UKTS 2014

  1. Dalam desain penelitian, diawali dengan tiga serangkai kegiatan, apa aja yah?
  2. Membangkitkan minat meneliti suatu obyek dapat dilakukan dengan ngapain aja yah?
  3. Gagasan penelitian dapat muncul dari mana aja sih?
  4. Apa sih gunanya teori dalam mendesain dan mengembangkan gagasan penelitian?
  5. Sebagai sebuah pernyataan (proposisi), teori merupakan hubungan antara apa sama apa sih?:
  6. Tujuan dasar dan substansial dari penelitian itu apa aja yah?
  7. Kesimpulan dari sebuah penelitian bersifat tentatif, tuh artinya apaan sih?
  8. Yang dimaksud dengan penelitian eksploratif tuh apaan sih?
  9. Kasih dong, satu contoh paling tepat tentang penelitian eksplanatif!
  10. Apa sih tujuan penelitian preskriptif tuh?:
  11. Perbedaan pokok antara penelitian DESKRIPTIF dan EKSPLANATIF, tuh apaan sih?
  12. Dalam penelitian EKSPLANATIF, kita mengenal Variabel Dependen (VD) dan Variabel Independen (VI). Kalimat yang paling tepat melukiskan hubungan keduanya tuh yang kayak apa yah?
  13. Dalam desain penelitian, ada istilah populasi. Apaan tuh?
  14. Contoh populasi tuh apa yah?
  15. Dalam desain penelitian, ada istilah sampel. Apaan tuh?
  16. Kasih dong satu contoh sampel, bukan sambel, lhooo…
  17. Mengapa harus mempelajari mata kuliah MPS ini.
  18. Perhatikan antara apa yang kita ketahui dengan bagaimana kita mengetahui
  19. Siapa pemilik “sense of curiosity”
  20. Segala sesuatu yang manusia ingin mengetahuinya itu disebut apaan, sih?
  21. Cacing menjijikkan dan daging ayam merupakan makanan enak. Realitas macam apa pula ini?
  22. Pemilik wewenang (otoritas) kerap kali menjadi rujukan dalam memahami realitas siapa aja sih mereka itu?
  23. Perhatikan perbandingan antara mengetahui dari pengalaman sendiri dan mengetahui dari orang lain
  24. Sebelum manusia dapat secara mandiri menyatakan kesetujuan atau penolakannya terhadap pengalaman orang lain, manusia memahami kenyataan berdasarkan apa, hayo?
  25. Pengamatan terhadap realitas dengan cara-cara non-ilmiah beresiko besar menyesatkan manusia, sesat-sesat pikir itu apa saja sih, ada empat lho!
  26. Tahun Cina Imlek 2559 adalah tahun “Tikus tanah” Akibatnya, orang akan berperilaku seperti tikus yakni suka menggerogoti, dan suka bertindak diam-diam (di bawah tanah). Simpulan ini merupakan buah dari kesesatan pikir yang disebut apaan yah?
  27. Kasih dong contoh kesalahan yang menunjukkan overgeneralization?
  28. Bagaimana cara untuk menghindari overgeneralization?
  29. Ilmu sosial sesungguhnya lebih sulit dipelajari daripada ilmu alam, karena apaan hayo?
  30. Empat landasan ilmu sosial itu apa aja sih?
  31. Agar sebuah konsep dapat diukur dan ditentukan nilainya, maka konsep tersebut harus diapain aja?
  32. Apa definisi konseptual yang relevan untuk mengukur konsep POWER (kekuatan) dalam ilmu politik, hayo!
  33. Apa tiga variabel yang relevan untuk mengukur konsep HUMAN DEVELOPMENT (pembangunan manusia), hayo!
  34. Kasih dong contoh hubungan antara konsep dengan variabel:
  35. Coba tunjukin salah satu variabel yang paling tepat dari konsep ”Tertib Politik”:
  36. Nilai-nilai yang termuat di dalam suatu variabel dapat berupa apaan aja sih?
  37. Nilai-nilai dalam sebuah variabel harus memenuhi asas KETUNTASAN (exhaustiveness) dan KETERPISAHAN TIMBAL-BALIK (mutual exclusiveness). Nilai-nilai dari variabel ”Status Perkawinan” yang memenuhi kedua asas tersebut, yang mana, hayo!
  38. (Lihat nomor 37) Nilai-nilai dari variabel yang dipandang tidak memenuhi kedua asas tersebut, yang mana, hayo!
  39. Tuliskan proses penelitian menggunakan metode INDUKTIF:
  40. Tuliskan proses penelitian menggunakan metode DEDUKTIF:
  41. Penjelasan teoritik terhadap gejala sosial, berarti menjelaskan secara apaan yah?
  42. Dalam menjelaskan gejala sosial, peneliti dapat memilih di antara dua penjelasan, lho…apa aja tuh?:
  43. Kasih dong contoh penjelasan NOMOTETIK
  44. “Si A mengalami kecelakaan karena orang seusia dia cenderung berkendara secara ceroboh”. Ini merupakan contoh penjelasan apaan hayo!
  45.  Pelajari bagaimana “keteraturan sosial” memberi landasan bagi ilmu sosial!
  46. Kasih dong contoh “keteraturan sosial”:
  47. Data agregat (DA) merupakan data kolektif yang di dalamnya terdiri atas sejumlah data individual (DI). Kalimat yang tepat untuk menghubungkan keduanya, apa hayo!
  48. Realitas yang dipahami manusia disimbolkan dalam bentuk konsep-konsep, sehingga apa definisi dari KONSEP itu?
  49. Karena sifatnya yang ABSTRAK, maka KONSEP bisa diukur ‘gak seeeh?
  50. Kasih dong tiga contoh KONSEP

 

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UMY

© 2016 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | Created by Biro Sistem Informasi UMY